Sabtu, 24 Oktober 2020

Korelasi Kebudayaan dan Kesejahteraan Masyarakat

 

Korelasi Kebudayaan dan Kesejahteraan Masyarakat

Budaya adalah kebiasaan masyarakat yang tumbuh dan berkembang serta terjaga secara turun-temurun. Budaya ini merupakan norma yang lahir atas kehendak suatu kelompok masyarakat dengan mempertimbangkan adat dan kebiasaan kelompok tersebut. Adanya budaya dapat mengeratkan jalinan kekeluargaan dan persahabatan. Budaya juga menjadi salah satu faktor untuk suatu masyarakat agar dapat berkembang. Kemampuan untuk mengolah budaya dapat menjadi kunci utama dalam memajukan kesejahteraan masyarakat.

sumber : biem.co

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan beragam suku bangsa. Dari banyak suku vangsa ini, dapat dilihat bahwa masih diantaranya yang memegang teguh budaya dan adat kebiasaan leluhur. Beberapa bersifat fleksibel dan beberapa diantaranya menolak dengan adanya suatu pembaharuan. Padahal dapat diketahui bahwa pengelolaan budaya yang baik serta terbuka dengan perkembangan zaman dapat menjadi kualitas hidup masyarakat.

Perkembangan globalisasi dan revolusi Industri membawa seluruh masyarakat dunia pada era pembaharuan adalah perlunya perspektif yang lebih luas untuk menyikapi perkembangan dunia yang semakin cepat dan penuh ketidakpastian, yaitu meliputi dimensi sosial, ekonomi, politik, budaya, lingkungan, spiritual dan berbagai penerapannya dalam aspek yang lebih rinci lagi

Hal ini pula yang telah dinyatakan oleh Koentjaraningrat (1990) puluhan tahun lalu yang menjelaskan bahwa laju modernisasi dan pembangunan di segala bidang, menyebabkan terjadinya pertumbuhan yang pesat di berbagai sektor kehidupan masyarakat. Pergeseran nilai sosial budaya, ekonomi dan politik, telah memporak-porandakan sejumlah besar nilai tradisional yang dahulu merupakan simpul kekuatan yang mengantarkan masyarakat mencapai survive dari waktu ke waktu.

    Dengan toleransi dan pengelolaan yang optimal dari sebuah kebudayaan akan membawa suatu masyarakat dalam suatu kemajuan yang berarti. Hal ini menunjukan bahwa budaya dan tradisi merupakan unsur yang menjadi bagian penting dalam kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Budaya dan tradisi sangat penting untuk dilestarikan dan dikembangkan di era globalisasi budaya saat ini yang faktanya banyak memberikan dampak besar dalam pergeseran budaya dan krisis identitas. Pada sisi lain, budaya dan tradisi merupakan asset yang berpotensi dalam mewujudkan kesejahteraan.


Sumber :

Koentjaraningrat. (1990). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. PT Gramedia Pustaka Utama

Mahmud, Budiman M. 2018. PENGEMBANGAN BUDAYA MENUJU KESEJAHTERAAN BUDAYA : Pelajaran dari Pengembangan Masyarakat di Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat. Sosio Informa : 4(3), 553-566.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar