Sabtu, 24 Oktober 2020

Kecanduan Gawai Pada Anak

 Kecanduan Gawai Pada Anak


Kecanduan Narkoba adalah kasus remaja yang pernah menjadi momok pada masanya. Kali ini muncul kecanduan baru bagi anak yakni kecanduan gawai. Bermain ponsel, smartphone, dan perangkat elektronik lainnya yang mendukung akses pada internet saat ini telah menjadi kasus tersendiri bagi anak-anak yang menjadi perhatian orang tua.

Kecancuan gawai dapat mengakibatkan gangguan jiwa. Kasus ini sering terjadi dengan tingkat pelaporan yang selalu ada pada setiap bulan pada salah satu Rumah Sakit Jiwa di Indonesia salah satunya RS. Grhasia.  Selalu ada rehabilitasi dan pengananganan bagi anak yang terlanjur kecanduan gawai. Anak-anak dengan gangguan jiwa ini merasa tertantang dan akan selalu dalam dunia fantasinya untuk terus bermain dalam bayangan. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan. Selain akan merusak jiwa, kecanduan gawai dapat membuat pelakuknya menghindar dari kegiatan sosial, merasa terasingkan, dan tertutup. Pelaku akan menjadi pribadi yang cenderung hidup dalam dunianya sendiri.

Kecanduan gawai pun dapat terjadi akibat beberapa faktor dintaranya hilangnya perhatian dari orang terdekat seperti orang tua atau keterasingan dari lingkungan sekitar. Hal ini juga dapat dilatarbelakangi akibat kasus pembulian yang nampaknya tidak mudah untuk diakhiri di kalangan anak. Apalagi jika ditambah dengan pengaruh tidak baik dari lingkungan atau anak terlanjur mendapat pengaruh buruk lingkungan. Hal ini tentunya sulit untuk dihindari jika hanya diantisipasi dengan menjauhkan anak dari lingkungan sosialnya.

Perlu ada pendampingan khusus dari ahli jiwa atau psikolog bagi orang tua dan anak dengan kecanduan gawai. Apalagi di era digitalisasi saat ini dimana manusia dituntut untuk bisa berkembang bersama terknologi bukan diperbudak teknologi. Seluruh elemen, baik pemerintah, keluarga, masyarakat diharapkan dapat bekerja sama mengurangi angka kecanduan gawai pada anak agar kelak generasi muda dapat menjadi pioner penegak dan pembaharuan bangsa.

Sumber :

Anonim. 2020. Diakses dari https://kominfo.go.id/content/detail/13547/kecanduan-gawai-ancam-anak-anak/0/sorotan_media pada 24 Oktober 2020 pukul 23.50 WIB

Ririn, Radian. 2020. "Gangguan Jiwa Akibat Kecanduan Game Pada Gawai". Hasil Wawancara Pribadi : 22 Oktober 2020 : Rumah Sakit Grhasia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar